Aku adalah DIA yang kucinta(سَلاَمٌ قَوْلاً مِنْ رَبّ ٍ رَحِيمٍ )

myfamili

Loading...

Jumat, 15 Juni 2012

TAMAN VERTIKAL



SOLUSI TAMAN DILAHAN SEMPIT 
Mungkin masih asing ditelinga kita, apa itu Taman Vertikal. Tapi jika melihat gambar-gambar dibawah ini, pasti banyak yang sudah pernah melihatnya. Secara sederhana tentunya taman vertikal adalah taman yang ditanam pada media yang vertikal. Ada yang menyebut taman vertikal dengan Vertical Landscape, Green Wall, Jardin Garden. saat ini dinilai cocok karena semakin sempitnya lahan perkotaan dan taman ini bisa ditanam didinding vertical gedung-gedung atau rumah-rumah pribadi.

Di Indonesia, masih jarang ada bangunan yang membuat taman vertikal. Tapi mulai ada yang mencoba menanam tanaman di pot yang disusun ke atas, atau memakai tanaman rambat di dinding. Model taman vertikal yang ada di luar negeri sangat sederhana, dengan tanaman rambat atau tanaman di pot yang dibuat di tiang-tiang bangunan. Meskipun sederhana dan dipilih tanaman yang murah, tetapi mampu menampilkan suasana hijau dan segar bagi lingkungan sekitarnya.

Menempatkan tanaman agar bisa tumbuh di dinding perlu sedikit trik, mengingat jauh lebih sulit menanam dalam kondisi vertikal dibandingkan posisi biasa. Jadi, diperlukan wadah atau modul yang tepat agar tanaman tetap tumbuh dan tak cepat mati.

MANFAAT TAMAN VERTIKAL
Selain menambah keindahan, efek positif taman vertikal adalah menurunkan suhu termal terhadap interior bangunan. Karena daun-daun tanaman dapat mereduksi efek panas dari radiasi matahari. Hal ini disebabkan sirkulasi udara mengalir melalui dedaunan dan celah batang-batang tanaman. Intinya bahwa taman vertikal dapat menahan panas dari luar ruang. Selain itu suara bising dari luar juga dapat diredam.

Karena biasanya taman vertikal mempunyai elemen daun yang rapat, hal ini dapat mengurangi polusi udara karena taman vertikal dapat menangkap partikel-partikel kotoran. Keuntungan lain yang tidak kalah penting adalah Mengurangi efek tampias hujan dan meningkatkan suplai oksigen serta tidak perlu lahan yang besar. Dinding rumah sebagai media tanam.
MEMBUAT TAMAN VERTIKAL
Sebenarnya membuat taman vertikal sangatlah mudah. Anda bisa membuatnya secara sederhana dengan tanaman rambat yaitu dengan menempelkan kawat ayam pada dinding kemudian membelitkan tanaman rambat pada beberapa bagian pada kawat tersebut, dan rawat dengan baik maka tanaman itu akan menyebar dengan sendirinya. Tetapi ada teknik lain yaitu seperti uraian dibawah ini dengan menggunakan media rak.

RAK : yang terbuat dari bahan logam atau plastik agar dapat menyangga pot tanaman dengan kuat dan tahan lama. Bisa juga memakai rak berbahan kayu. Rak ini harus berongga agar air yang disemprotkan ke dalam pot tanaman tidak memenuhi rak.

PAPAN PENYANGGA : pakai lembaran papan berbahan PVC. Bahan tersebut diyakini dapat dilubangi kawat untuk menjaga kerapian pot.

WADAH POT: gunakan pot yang dapat menjadi media tanam ala metode hidroponik yakni pot yang dapat diisi sekam bakar, cocopeat, dan rumput laut. Ketiganya berfungsi menyimpan penyimpan cadangan air di media tanam. Untuk itu, Anda bisa gunakan pot dari bahan planel, modul palstik berlubang-lubang, batu bata / pralon

MEDIA TANAM
A. Bahan Organik : Arang, Batang Pakis, Kompos, Moss, Pupuk kandang, Sabut kelapa (coco peat), Sekam padi, Humus, Rumput laut.

B. Bahan Anorganik : Gel, Pasir, Kerikil, Pecahan batu bata, Spons (floralfoam), Tanah liat, Vermikulit dan perlite, Gabus (styrofoam), Rockwool, zeolit, Red lava (dari berbagai sumber/foto istimewa)

















RUMAH KONSTRUKSI KAYU



Konsep bangunan tahan gempa pada dasarnya adalah upaya untuk membuat seluruh elemen rumah menjadi satu kesatuan yang utuh, yang tidak lepas atau runtuh akibat gempa. Tetapi pada skala tertentu jika memang bangunan tersebut akan roboh karena kekuatan gempa yang besar, paling tidak bangunan tersebut masih mempunyai waktu untuk bertahan dari goncangan untuk memberikan waktu kepada penghuninya menyelamatkan diri dan mengevakuasi anggota keluarga yang lain. 

Berikut adalah salah satu konsep rumah tahan gempa yang terbuat dari kayu dengan berbagai bentuk pondasi yang disadur dari buku PEDOMAN TEKNIS, Rumah dan Bangunan Gedung Tahan Gempa, milik DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM.

KONSTRUKSI KAYU
Rumah konstruksi kayu adalah bangunan rumah dengan menggunakan sistem struktur rangka pemikul dari bahan kayu. Biasa disebut sebagai rumah kayu, ciri-cirinya yaitu seluruh komponen balok dan kolom serta dinding yang digunakan adalah kayu. Rumah dengan struktur rangka kayu harus menggunakan sambungan-sambungan takik yang dikencangkan dengan menggunakan paku minimal 4 buah.

Panjang paku yang digunakan minimal 2,5 kali tebal kayu yang terkecil. Apabila struktur kayu ini memikul beban berat (seperti struktur kayu untuk bangunan gudang atau garasi kendaraan), maka sambungan kayu harus dikencangkan dengan menggunakan bout berdiameter minimum 10 mm. Semua kayu yang digunakan harus kering dan bila perlu diawetkan sesuai dengan persyaratan pengawetan kayu.

RUMAH KAYU DENGAN PONDASI UMPAK

  • Pondasi setempat/umpak yang dimaksudkan di dalam pedoman teknis ini adalah pondasi umpak yang terbuat dari beton kosong (tanpa tulangan) campuran 1PC : 1 1/2 Psr : 2 1/2 Krl.
  • Bentuk pondasi umpak adalah prisma terpancung dengan ukuran penampang atas 25 cm x 25 cm, penampang bawah 60 cm x 60 cm, dan tinggi 90 cm
  • Bagian yang tertanam dari pondasi umpak sekurang-kurangnya 30 cm atau sampai tanah keras. Jarak maksimum antar pondasi adalah 1,5 m.
  • Pembuatan papan duga (bowplang) sebagai acuan penempatan harus dibuat sedemikian rupa sehingga setiap baris pondasi berada tepat dibawah sumbu memanjang balok, seperti ditunjukkan pada Gambar 15
  • Setiap pondasi umpak harus terikat satu sama lain dengan balok pengikat, seperti pada Gambar 16
  • Bahan pondasi ini dibuat dari pasangan batu kali dengan adukan untuk spesi 1PC: 4 Psr.
  • Struktur bangunan atas harus terikat pada pondasi dengan menggunakan angkur besi berdiameter 12 mm dan jarak maksimum 1,5m
  • Apabila menggunakan papan sebagai dinding, maka jumlah paku yang digunakan sekurang-kurangnya 2 buah, dan sambungan pada papan satu dengan lainnya digunakan sambungan alur lidah.
  • Untuk mendapatkan bangunan yang kokoh, maka pada setiap detail sambungan pada struktur rangkanya sebaiknya mengunakan sambungan takik yang dikencangkan dengan paku.
  • Detail A merupakan detail sambungan pada sudut bangunan antara ring balok kayu dengan kolom:
  1. a. Sambungan ring balok kayu disudut digunakan sambungan takik.
  2. b. Sambungan kolom dengan ring balok menggunakan sambungan pasak.
  3. c. Untuk menambah kekakuan, maka antara ring balok dengan kolom dipasang sekur-sekur dari papan 2/20 cm dan dipaku.

RUMAH KAYU DENGAN PONDASI TIANG
Gambar 24 merupakan ilustrasi dari rumah kayu dinding papan dengan pondasi tiang. Ini adalah hubungan Pondasi Tiang dengan Balok Penguat Horisontal (Detail A) Untuk mendapatkan kekokohan struktur bawah dari rumah panggung ini, maka sistem sambungan yang digunakan adalah sistem sambungan takik dengan penguat paku dan pasak masing-masing untuk sambungan sekur dan sambungan balok - kolom. (sumber : buku PEDOMAN TEKNIS, Rumah dan Bangunan Gedung Tahan Gempa, milik DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM)

INTERIOR KACA : BERIKAN KESAN LUAS & LAPANG



Saat ini penggunaan kaca dalam interior sudah demikian meluas untuk aplikasi interior, tidak terbatas pada pintu dan jendela saja. Bahkan lebih jauh kaca kini juga digunakan sebagai pembatas ruang yang transparan, hiasan dinding dekoratif, lantai bahkan langit langit. Kaca sebagai dinding pembatas, memiliki sifat yang transparan dan meneruskan sinar. Sehingga pada ruang-ruang sempit pada rumah mungil ataupun pada daerah-daerah yang sempit dan membutuhkan banyak cahaya seperti ruko dapat menggunakan material kaca.

Kaca merupakan materi bening dan transparan (tembus pandang) yang biasanya di hasilkan dari campuran silikon atau bahan silikon dioksida (SiO2), yang secara kimia sama dengan kuarsa (bahasa Inggris: kwarts). Saat ini penggunaankaca sudah sangat meluas untuk berbagai produk tak terkecuali untuk interior. Ada beberapa penggunaan kaca antara lain

KACA SEBAGAI FASADE
Fasade kaca sering digunakan terutama pada bidang jendela. Namun kini bukan hanya itu, pada hunian kini mulai berani menggunakan kaca untuk keseluruhan bidang dinding eksterior. Bagaikan bangunan komersial, kini hunian juga tampil berani. Biasanya pada hunian transparan ini akan berkesan sangat modern dan memiliki interior dengan warna-warna berani sehingga dari tampilan depan akan terlihat bagai point of interest.

KACA SEBAGAI PAGAR
Pagar kaca? Mengapa tidak? Untuk kesan modern dan trendy, kini pagar kaca mulai digunakan. Berbeda dengan penggunaan pada fasade yang cenderung transparan. Untuk pagar biasanya dipakai kaca buram. Tujuannya agar tidak dapat langsung melihat isi hunian namun tetap dapat berkesan ringan dan transparan dari luar. Tapi ada juga yang tetap menggunakan kaca transparan seperti ditepi kolam renang dengan tujuan tidak menutupi keindahan obyek yang dipagari.

BIDANG-BIDANG PELINGKUP INTERIOR
Dinding transparan biasanya menggunakan material kaca. Berbagai macam ruang dapat mengaplikasikan sistem dinding kaca ini. Untuk ruang-ruang yang berbatasan dengan ruang luar, dinding kaca transparan memiliki fungsi untuk memasukkan view alami dan natural taman depan maupun taman belakang. Seakan-akan ruang dalam yang berada pada ruang luar.

Tidak menutup kemungkinan hingga ruang-ruang privat memiliki dinding transparan. Coba amati kamar mandi yang bersebelahan dengan ruang tidur pada gambar. Ruang mandi transparan memberikan kesan lega dan eksotis. Namun tentu saja menuntut terjaganya kebersihan dalam ruang.

Plafon transparan biasanya juga menggunakan material kaca. Namun tergantung posisi ruang, jenis plafon kaca biasanya berbeda. Untuk aplikasi ruang-ruang bersifat publik biasanya dapat digunakan kaca mozaik ataupun grafir. Jika berada pada ruang servis di mana memiliki fungsi untuk memasukkan cahaya dari atas, biasanya hanya digunakan kaca es.

Lantai kaca biasanya membutuhkan konstruksi dan ketebalan khusus. Yang terpenting biasanya di bawah kaca terdapat aksesoris yang dapat didisplay misalnya hamparan pasir kombinasi kerang laut ataukah justru mengekspos detil konstruksi itu sendiri.Selain kaca juga sering digunakan glass block untuk memberikan sensasi khusus. Dengan pencahayaan yang tepat maka akan memberikan aksen yang menarik.

Partisi kaca, maupun akrilik telah sering dipergunakan. Dapat berdiri sendiri maupun dibingkai dengan frame kayu dan furnitur. Biasanya untuk mempercantik dapat ditambahkan patra floral bergaya Asia yang kini sering dipergunakan.

FURNITUR DAN AKSESORIS
Biasanya menggunakan kaca,akrilik ataupun campuran khusus, dipadukan stainless steel untuk berkesan futuristis. Bisa juga keseluruhan material transparan. Tidak berfungsi sebagai aksen namun lebih karena ruang sempit akan terlihat tidak sesak jika furniture-nya menggunakan material kaca. Aksesoris kaca bisa berupa gelas, vas bunga atau pernik pernik-pernik interior yang terbuat dari gelas. Aksesoris kaca beraneka warna dapat menjadi aksen terhadap keseluruhan komposisi.

KACA SEBAGAI ENERGY EFFICIENT DAN SAFETY
Terdapat lapisan tipis pada salah satu sisinya (bisa berupa sticker atau film) yang berfungsi untuk merefleksikan cahaya matahari dan meredam panas di sisi sebaliknya. Kaca ini biasanya digunakan pada gedung bertingkat. Untuk penggunaannya pada furniture dan interior masih sangat jarang, hanya beberapa orang menggunakannya untuk kaca pintu almari dapur. Sedangkan untuk jenis kaca safety, kaca ini akan hancur berkeping-keping ketika pecah sehingga tidak membahayakan keselamatan pemakai di sekitarnya. Proses pembuatan kaca ini harus dipotong dahulu sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan dan dihaluskan. Lalu kaca tersebut akan dipanaskan pada suhu tinggi (kurang lebih 620 C) dan didinginkan seketika. Safety glass sangat cocok untuk pintu dengan rangka yang cukup besar dan top table meja makan atau meja ruang tamu. Atau di tempat yang memiliki resiko pecah cukup tinggi yang tidak membahayakan.(rudy dew, dari berbagai sumber/foto:istimewa)

MEJA KOMPUTER INNOVATIF



Sebuah desain meja yang digabung dengan rak buku ini dirancang oleh MisoSoup. Dengan bentuk sederhana secara visual dan struktural, bentukmeja komputer kayu ini didesain melengkung mulus dan bisa dianggap hiasan dinding juga 
MENGHEMAT RUANG
Seperti rak atau tempat penyimpanan lainnya, furnitur ini dirancang agar pengguna bisa duduk rata pada permukaan dinding sehingga pas di mana punbekerja baik di kamar tidur, ruang tamu atau kantor yang ruangannya terbatas.Namun, memang tidak mudah mendapatkan kayu yang panjaaaaang dan kemudian ditekuk-tekuk seperti pada gambar. Mungkin bisa juga dengan membuatnya per bagian. 

Desain ini sangat cocok untuk anda yang mempunyai ruang yang sempit.Tempat keyboard bisa dimasukkan dibawah meja monitor dan kursi juga bisa dimasukkan dibawah meja jika sedang tidak digunakan. Rak buku diatas kepala pengguna yang didesain tidak terlalu menonkol agar tidak membentur pengguna.(rudy dewanto, nasakah dan foto via dornob)

ARSITEKTUR RUMAH PANGGUNG



Alternatif Solusi Terhindar Banjir

Musim hujan di awal tahun ini, sangatlah luar biasa. Banyak yang bilang saat ini kita sedang mengalami musim hujan yang cukup ekstrem, mengingat curah hujan yang tinggi. Logikanya, jika curah hujan tinggi pasti akan banyak menyebabkan banyak genangan air bahkan banjir. Sudah banyak berita banjir kita dengar di berita-berita nasional. Nenek moyang kita dahulu sudah pernah melakukan rekayasa bangunan agar adaptif dengan alam dengan membuat arsitektur rumah panggung. 

Rumah adat tradisional Indonesia jika ditarik benang merahnya merupakan rumah panggung seperti Rumoh Aceh, Rumah Gadang Minangkabau, Rumah melayu selaso jatuh kembar Riau, Rumah Nuwo sesat Lampung, Rumah joglo Jawa Tengah , Rumah Dalam loka samawa NTB, Rumah betang Kalteng, Rumah banjar Kalsel, Rumah lamin KaltimRumah Tongkonan Sulsel, Rumah Baileo, Ambon, Rumah Laikas Sulawesi Tenggara, Rumah Souraja Sulawesi Tengah, Rumah Wale Minahasa, Rumah Dulohupa Gorontalo, dan masih banyak lagi.

KONSEP RUMAH PANGGUNG 
Konsep rumah panggung sebenarnya memiliki skenario antisipasi dan pencegahan. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa konsep rumah panggung adalah bangunan berkaki dimana dasar bangunan diangkat keatas sehingga tidak menyentuh tanah. Jarak lantai bangunan dari tanah variatif, antara satu sampai dua meter. Jika dahulu rumah panggung dikonsep oleh generasi kakek nenek kita agar hunian mereka terhindar dari binatang liar, sekarang rumah panggung bisa dikonsep sebagai alternatif untuk meminimalkan dampak akibat banjir dan gempa.

Selain itu, jika dahulu kolong rumah panggung digunakan untuk memelihara ternak, sekarang mungkin bisa dikonsep untuk garasi mobil atau gudang. Untuk pembagian ruang rumah panggung sendiri, tidak ada bedanya dengan rumah pada umumnya. Yang berbeda hanya dibagian bawah atau kaki-kakinya saja. Artinya sebenarnya konsep rumah panggung bisa diterapkan pada rumah modern seperti saat ini, terutama untuk kawasan yang sering menjadi langganan banjir.

KONSTRUKSI RUMAH PANGGUNG
Menurut Josep Prijotomo (1998) pilihan mengangkat bangunan di atas permukaan tanah bukanlah sekedar mengatasi banjir, menghindari kelembaban atau menghindari binatang buas, melainkan mengandung intensi menjaga ekologis bumi agar tidak rusak oleh pondasi. Selain itu semakin banyak tanah yang tertutup oleh bangunan akan membuat tanah sukar menyerap air. Hal itu terlihat, bahwa serangan banjir setiap tahun tidak terhindarkan karena semakin banyak tanah yang tertutup oleh bangunan-bangunan baru membuat air semakin sukar terserap oleh tanah.

Konstruksi rumah panggung harus ringan, maka dari itu, biasanya menggunakan konstruksi kayu dengan pondasi umpak, karena selain lebih ringan dari konstruksi beton, juga sudah teruji kekuatannya mengingat dari dulu nenek moyang kita sudah menggunakan bahan ini sebagai bahan pembuat rumah. Sambungan ditiap pertemuan kayu biasanya juga menggunakan kayu. Hal ini berguna apabila bangunan terkena gempa. Sambungan yang terbuat dari kayu bersifat lentur sehingga memungkinkan bangunan bergerak mengikuti arah gempa. Hal ini akan membuat konstruksi terhindar dari patahan struktur. Tapi sebenarnya rumah panggung bisa dibuat dari bahan apa saja selain kayu, misal bambu dan beton.

KEUNTUNGAN RUMAH PANGGUNG
  1. Terhindar dari banjir tentunya, karena ketinggian rumah panggung jauh lebih tinggi dari lingkungan sekitar.
  2. Konstruksi rumah panggung diciptakan supaya bangunan memungkinkan bergerak jika terkena gempa, agar bangunan tidak rusak atau rubuh.
  3. Kolong rumah panggung menjadi area resapan air yang optimal. Bisa dibuat sumur biopori atau menanam rumput-rumputan agar lingkungan kita tampak lebih hijau.
  4. Penyesuaian suhu di dalam rumah cepat berubah karena tidak langsung bersentuhan dengan tanah atau beton sehingga sirkulasi udara lebih bagus.
  5. Pada rumah panggung zona privat dan publik terpisah secara tegas

INTERIOR KACA : BERIKAN KESAN LUAS & LAPANG



Saat ini penggunaan kaca dalam interior sudah demikian meluas untuk aplikasi interior, tidak terbatas pada pintu dan jendela saja. Bahkan lebih jauh kaca kini juga digunakan sebagai pembatas ruang yang transparan, hiasan dinding dekoratif, lantai bahkan langit langit. Kaca sebagai dinding pembatas, memiliki sifat yang transparan dan meneruskan sinar. Sehingga pada ruang-ruang sempit pada rumah mungil ataupun pada daerah-daerah yang sempit dan membutuhkan banyak cahaya seperti ruko dapat menggunakan material kaca.

Kaca merupakan materi bening dan transparan (tembus pandang) yang biasanya di hasilkan dari campuran silikon atau bahan silikon dioksida (SiO2), yang secara kimia sama dengan kuarsa (bahasa Inggris: kwarts). Saat ini penggunaankaca sudah sangat meluas untuk berbagai produk tak terkecuali untuk interior. Ada beberapa penggunaan kaca antara lain

KACA SEBAGAI FASADE
Fasade kaca sering digunakan terutama pada bidang jendela. Namun kini bukan hanya itu, pada hunian kini mulai berani menggunakan kaca untuk keseluruhan bidang dinding eksterior. Bagaikan bangunan komersial, kini hunian juga tampil berani. Biasanya pada hunian transparan ini akan berkesan sangat modern dan memiliki interior dengan warna-warna berani sehingga dari tampilan depan akan terlihat bagai point of interest.

KACA SEBAGAI PAGAR
Pagar kaca? Mengapa tidak? Untuk kesan modern dan trendy, kini pagar kaca mulai digunakan. Berbeda dengan penggunaan pada fasade yang cenderung transparan. Untuk pagar biasanya dipakai kaca buram. Tujuannya agar tidak dapat langsung melihat isi hunian namun tetap dapat berkesan ringan dan transparan dari luar. Tapi ada juga yang tetap menggunakan kaca transparan seperti ditepi kolam renang dengan tujuan tidak menutupi keindahan obyek yang dipagari.

BIDANG-BIDANG PELINGKUP INTERIOR
Dinding transparan biasanya menggunakan material kaca. Berbagai macam ruang dapat mengaplikasikan sistem dinding kaca ini. Untuk ruang-ruang yang berbatasan dengan ruang luar, dinding kaca transparan memiliki fungsi untuk memasukkan view alami dan natural taman depan maupun taman belakang. Seakan-akan ruang dalam yang berada pada ruang luar.

Tidak menutup kemungkinan hingga ruang-ruang privat memiliki dinding transparan. Coba amati kamar mandi yang bersebelahan dengan ruang tidur pada gambar. Ruang mandi transparan memberikan kesan lega dan eksotis. Namun tentu saja menuntut terjaganya kebersihan dalam ruang.

Plafon transparan biasanya juga menggunakan material kaca. Namun tergantung posisi ruang, jenis plafon kaca biasanya berbeda. Untuk aplikasi ruang-ruang bersifat publik biasanya dapat digunakan kaca mozaik ataupun grafir. Jika berada pada ruang servis di mana memiliki fungsi untuk memasukkan cahaya dari atas, biasanya hanya digunakan kaca es.

Lantai kaca biasanya membutuhkan konstruksi dan ketebalan khusus. Yang terpenting biasanya di bawah kaca terdapat aksesoris yang dapat didisplay misalnya hamparan pasir kombinasi kerang laut ataukah justru mengekspos detil konstruksi itu sendiri.Selain kaca juga sering digunakan glass block untuk memberikan sensasi khusus. Dengan pencahayaan yang tepat maka akan memberikan aksen yang menarik.

Partisi kaca, maupun akrilik telah sering dipergunakan. Dapat berdiri sendiri maupun dibingkai dengan frame kayu dan furnitur. Biasanya untuk mempercantik dapat ditambahkan patra floral bergaya Asia yang kini sering dipergunakan.

FURNITUR DAN AKSESORIS
Biasanya menggunakan kaca,akrilik ataupun campuran khusus, dipadukan stainless steel untuk berkesan futuristis. Bisa juga keseluruhan material transparan. Tidak berfungsi sebagai aksen namun lebih karena ruang sempit akan terlihat tidak sesak jika furniture-nya menggunakan material kaca. Aksesoris kaca bisa berupa gelas, vas bunga atau pernik pernik-pernik interior yang terbuat dari gelas. Aksesoris kaca beraneka warna dapat menjadi aksen terhadap keseluruhan komposisi.

KACA SEBAGAI ENERGY EFFICIENT DAN SAFETY
Terdapat lapisan tipis pada salah satu sisinya (bisa berupa sticker atau film) yang berfungsi untuk merefleksikan cahaya matahari dan meredam panas di sisi sebaliknya. Kaca ini biasanya digunakan pada gedung bertingkat. Untuk penggunaannya pada furniture dan interior masih sangat jarang, hanya beberapa orang menggunakannya untuk kaca pintu almari dapur. Sedangkan untuk jenis kaca safety, kaca ini akan hancur berkeping-keping ketika pecah sehingga tidak membahayakan keselamatan pemakai di sekitarnya. Proses pembuatan kaca ini harus dipotong dahulu sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan dan dihaluskan. Lalu kaca tersebut akan dipanaskan pada suhu tinggi (kurang lebih 620 C) dan didinginkan seketika. Safety glass sangat cocok untuk pintu dengan rangka yang cukup besar dan top table meja makan atau meja ruang tamu. Atau di tempat yang memiliki resiko pecah cukup tinggi yang tidak membahayakan.(rudy dew, dari berbagai sumber/foto:istimewa)

GREEN ROOF DI HUTAN BETON



Desain bangunan saat ini kian dinamis dan mulai mengacu pada isu lingkungan atau tema hijau. Sayangnya tema hijau yang sering membuat kebanyakan orang berpikir adalah sekedar menghijaukan bangunan secara keseluruhan, atau dengan kata lain sekedar memberi tambahan tanaman pada bangunan.Padahal tema hijau bukan terpaku pada fasade saja untuk menggambarkan tema hijau. Tapi pemakaian bahan bangunan yang ramah lingkungan dan desain yang pro lingkungan adalah lebih penting. Salah satu aplikasi tema lingkungan adalah menutup atap dengan tanaman.

Pada bagian atap rumah, selain pemakaian penutup atap yang terbuat dari material yang ramah lingkungan, kini dengan bahan yang benar-benar dari alam bisa di aplikasi pada bagian atap. Salah satu teknologi lingkungan yang 'baru' dan ikut berperan dalam mempengaruhi Bentung rancang bangun dan sekaligus mempengaruhi kualitas lingkungan hidup adalah konsep"GREEN ROOF" Apakah konsep ini merupakan hal yang baru ? karena istilah 'Green Roof" kadang kalah pamor dengan istilah "Roof Garden" dan kadang juga seringkali disalah artikan dengan istilah "Vertical Landscape".

"Green Roof" merupakan layer atau lapisan struktur konstruksi hijau yang terdiri dari media pertumbuhan/tanah dan media Tanaman diatas sebuah bangunan. Berbeda dengan istilah "Cool Roof" yang berarti lapisan material yang membalikan atu merefleksikan energi cahaya matahari daripada mengabsorsinya atau kita juga mengenal istilah 'Bituminous Roof".yang merupakan cara tradisional melapisi lapisan atap dengan bahan seperti aspalt atau tar.

Konsep "Green Roof" mulai dikenal manusia pada abad ke 7. "TAMAN GANTUNG BABYLON atau THE HANGING GARDEN BABYLON. Karya yang dipersembahkan raja pada istrinya yang berasal dari suatu kawasan yang hijau, maka raja berinisiatif untuk membuat suasana yang lebihnyaman agar sang istri merasa betah dan masih merasa tinggal didaerah seperti daerah asalnya.

Kini di zaman yang perhatian akan pemanasan global, kebangkitan taman gantung ini dikenal dengan nama "Green Roof Technology". Teknologi ini bukan hanya sekedar gerakan penghijauan semata lebih dari itu teknologi ini dapat mempengaruhi kualitas lingkungan hidup
Di Eropa terutama di Jerman, taman atap sudah merupakan bukan hal yang baru lagi. Di kota Stuttgart, di beberapa daerah kota malah dibuat sistem Zoning yang mengharuskan gedung di daerah tersebut membuat Taman Atap. Mereka pun memberikan subsidi untuk gedung yang mau membuat Taman Atap.

Sebagai salah satu kota tua di Amerika yang terkenal dengan desain arsitekturnya yang indah danmenawan, Chicago merupakan kota pertama yang memulai gedung-gedung tinggi yang sekarang dikenal sebagai Skyscraper di kota-kota metropolitan di dunia. Setelah lebih dari satu abad, Chicago kembali membuat sensasi dengan arsitek Green Roof yang di mulai dari gebrakan Walikota Richard Daley setelah tertimpa gelombang hawa panas pada tahun 1995. Sejak tahun 1999, kota Chicago menanam 24.000 meter persegi atau 24 hektar Taman Atap Gedung yang tersebar di banyak gedung, pertokoan dan kantor.

Salah satu keuntungan yang terbesar dari adanya Taman Atap adalah Manajemen Air dimana Taman Atap dapat menyerap 50-60% air hujan yang turun. Setelah Taman Atap menyerap air hujan, maka sewaktu matahari bersinar, tanaman akan kembali bernafas dan mengembalikan air tersebut ke atmosfer kita. Beberapa persen air akan tetap di tanah untuk pertumbuhan tanaman, dan sisanya akan masuk ke saluran air secara perlahan, dimana hal ini sangat menguntungkan karena jadi tidak memberatkan sistem saluran air perkotaan dimana upgrading atau peremajaan dan pembesaran pipa sangat mahal.

Disebutkan bahwa daerah dengan temperatur hangat bisa mendapatkan faedah terbanyak dari penggunaan Atap Taman. Salah satunya adalah penghematan energi dari penggunaan AC. Keuntungan lainnya adalah atap yang lebih tanah lama, dimana biasa atap hanya tahan hingga 20 tahun bisa menjadi sampai 40/50 tahun karena dengan adanya Taman Atap, maka sinar ultraviolet matahari tidak mengenai langsung atap gedung dimana perbedaan temperatur antara siang dan malam yang cukup drastis bisa menyebabkan keretakan.

Memang banyak hal harus dimulai oleh pemerintah kota. Aksi ini mungkin harus dimulai dari pemerintah kita sendiri, baru kemudian dilanjutkan dengan peraturan perkotaan, khususnya Jakarta. Bukan untuk memberatkan para pengusaha atau pemilik gedung, tetapi hal ini dilakukan semata-mata untuk kepentingan bersama. Dari pada membuat lagi sarana infrastruktur seperti membuat Deep Water Tunnel yang menghabiskan biaya hingga Rp1.2 triliun. Dengan cara sederhana seperti ini semua orang bisa merasakan manfaat lebih dari aksi yang dilakukan.

Beberapa gedung perkantoran di Jakarta juga mulai melakukan penghijauan di bagian atap gedung untuk sedikit meredam hawa panas dan sekaligus memperindah tampilan atap yang dulu tidakpernah berfungsi sama sekali. Sebenarnya bukan saja untuk gedung melainkan rumah kita sendiri juga bisa melakukan hal seperti ini.

Membuat taman diatas atau pada bagian atas rumah yang datar dan memang bisa diletakkan tanaman bukan saja membuat atau rumah anda sedikit lebih indah tetapi juga dapat mengurangi suhu panas yang ada di dalam rumah. Menurut data yang ada, bila tanaman yang ada di bagian atap mempunyai tinggi sekitar 10 cm maka dapat mengurangi pemakaian AC sekitar 25%. Sebuah ruangan yang terletak tepat di bawah Green Roof mempunyai suhu udara lebih rendah yaitu sekitar 3-4° Celcius dibandingkan dengan suhu udara di luar ruangan. (rudy dewanto/foto:istimewa)

Daftar Blog Saya

Comments

Isi menu tab view 1
Isi menu tab view 2
Isi menu tab view 3

Magister Teknik Struktur 2010

Magister Teknik Struktur 2010
kiri ke kanan(Aco Wahyudi Efendi, Gunaedi Utomo, Eka Purnamasari, Deni Teras)

Mahasiswa Magister Teknik Sipil Jurusan Teknik Struktur Angkatan 2010 Universitas Lambung Mangkurat

Mahasiswa Magister Teknik Sipil Jurusan Teknik Struktur Angkatan 2010 Universitas Lambung Mangkurat
dari kiri kekanan(Deny Teras,Solikun,Gunaedi Utomo,Aco Wahyudi Efendi, Melius P Taruna, Eka Purnamasari(tukang foto heuheuheueheu)

rain al-majnun

rain al-majnun
gazur-i-ilahi
quancons.blogspot.com quancons.blogspot.com quancons.blogspot.com quancons.blogspot.com